Happy Flying Blue Angel Kaoani

Senin, 13 Januari 2020

Pakaian HVSA | Safety


High visibility clothing atau High Visibility Safety Apparel (HVSA) adalah pakaian keselamatan kerja dengan visibilitas tinggi yang terbuat dari bahan fluorescent dan pita reflektif. HVSA terdiri dari baju, rompi, bib, jaket, celana, dan coverall yang biasa dipakai oleh pekerja konstruksi, pertambangan, petugas keamanan, personel tanggap darurat, pekerja warehouse, dan pekerja lain yang sehari-harinya bekerja di lokasi dengan penerangan minim dan tingkat visibilitas rendah. Pemakaiannya sangat diperlukan untuk meningkatkan keselamatan di lokasi kerja sehingga kecelakaan kerja pun dapat diminimalkan.

Oleh karena itu, penting bagi pekerja konstruksi jalan raya juga pekerja industri lainnya untuk memakai HVSA berwarna terang/ berbahan fluorescent saat berada di lapangan. Sayangnya masih banyak pekerja yang kurang memperhatikan mengenai masa pemakaian dan perawatan HVSA. Padahal kedua hal tersebut sangat penting kualitas dan performa HVSA yang mereka pakai. Lalu bagaimana yang harus di lakukan?

Pada dasarnya, perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan segala peraturan alat pelindung diri (APD) termasuk pembahasan mengenai perawatan HVSA dan petugas yang bertanggung jawab melakukan perawatan. Sementara itu, pekerja juga memiliki tanggung jawab untuk mematuhi peraturan tersebut dengan cara memakai HVSA selama bekerja.

Jenis industri, aktivitas pekerja, jenis paparan dan kondisi lingkungan kerja,dan beberapa faktor lainnya dipertimbangkan dalam menentukan seberapa sering HVSA sebaiknya dirawat atau dibersihkan. HVSA yang kotor harus dibersihkan atau dicuci sesegera mungkin, sebab kotoran yang menempel akan menutupi sampai merusak pita reflektif pada HVSA sehingga bisa mengurangi performa HVSA dan membahayakan pekerja. Meski begitu, hindari mencuci HVSA secara berlebihan, karena hal ini bisa menurunkan kualitas dan memperpendek usia HVSA.

Tips mencuci HVSA menggunakan mesin cuci:

- Baca petunjuk perawatan yang ada di HVSA, Setiap bahan dan model HVSA membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.

- Pisahkan HVSA dengan cucian lain. Untuk menjaga intensitas warna pada HVSA, pastikan untuk tidak mencuci HVSA berwarna terang dengan HVSA berwarna gelap secara bersamaan.

- Tutup resleting dan balikkan HVSA sebelum dicuci, resleting yang lupa ditutup dapat tersangkut dan merobek HVSA lain. Jangan lupa, balikkan HVSA sebelum Anda mencucinya agar pita reflektif yang ada pada bagian luar HVSA tidak rusak dan memudar.

- Gunakan air dingin / bersuhu normal dan deterjen ringan. Masukkan HVSA ke dalam mesin cuci (tanpa pemutih dan pelembut pakaian) untuk mencuci dan gunakan mesin cuci dengan siklus pencucian mode lembut. Saat pembilasan, tetap gunakan siklus pencucian dengan mode yang sama.

- Hindari mengeringkan HVSA menggunakan mesin pengering pakaian. Panas yang ditimbulkan akan merusak dan menurunkan performa pita reflektif HVSA. Setelah dibilas, biarkan HVSA kering secara alami dan gantungkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

- Hindari menggunakan "Dry Clean" dan menyetrika HVSA.

- Baca ikon petunjuk perawatan HVSA pada label yang tersedia. Ikon tersebut akan memberitahu Anda bagaimana mencuci HVSA dengan benar dan lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memerlukan sesuatu? Bisa hubungi lewat e-mail, ya.